23 April 2014

Gunung Fuji

Gunung Fuji (富士山 Fuji-san) adalah gunung tertinggi di Jepang, terletak di perbatasan Prefektur Shizuoka dan Yamanashi, di sebelah barat Tokyo. Gunung Fuji terletak dekat pesisir Pasifik di pusat Honshu. Fuji dikelilingi oleh tiga kota yaitu Gotemba (timur), Fuji-Yoshida (utara) dan Fujinomiya (barat daya). Gunung setinggi 3.776 m ini dikelilingi juga oleh lima danau yaitu KawaguchiYamanakaSaiMotosu dan Shoji.
Gunung Fuji adalah simbol Jepang yang terkenal dan sering digambarkan dalam karya seni dan foto-foto, serta dikunjungi pendaki gunung maupun wisatawan.
Gunung Fuji diperkirakan terbentuk sekitar 10.000 tahun yang lalu. Sebuah gunung berapi yang kini masih aktif walaupun memiliki kemungkinan letusan yang rendah, Fuji terakhir kali meletus pada tahun 1707. Terdapat lima danau di sekeliling Fuji, yaitu Danau Kawaguchi, Danau Yamanaka, Danau Sai, Danau Motosu dan Danau Shoji.
Sekitar 200.000 orang mendaki Gunung Fuji setiap tahunnya, 30% di antaranya orang asing. Tenggat waktu yang paling populer bagi para pendaki adalah dari 1 Juli hingga 27 Agustus. Pendakian bisa memakan waktu dari 3 hingga 7 jam sementara penurunan gunung mencapai sekitar 2 hingga 5 jam.

Gunung Fuji atau Fuji Yama terkenal akan keindahannya, sehingga banyak lukisan, puisi dan karya lain yang dibuat untuk memuja keindahan dan kemegahannya.
Puncak Gunung Fuji tertutup salju abadi sehingga menjadikan sebuah pemandangan yang sangat indah menawan. Dikaki gunungnya terdapat juga air terjun, danau dan hutan sehingga semakin menambah keindahannya. 
Pada saat cuaca cerah di musim semi dan panas, gunung ini dapat dilihat dengan jelas dari Tokyo atau dari Yokohama.


Gunung Fuji adalah termasuk gunung yang banyak di puja oleh orang Jepang, baik dari kalangan orang biasa sampai dengan artis.
Sebelum era Meiji, wanita dilarang untuk mendaki Gunung Fuji, karena puncak gunungnya dianggap sebagai tempat yang sangat sakral, yang selalu digunakan untuk tempat berdoa dan meditasi bagi umat Shinto and Budha.


Berkunjunglah pada puncak musim panas di Jepang, sekitar bulan Juli atau Agustus.
Di puncak musim panas (Juli atau Agustus), Gunung Fuji lebih aman untuk didaki karena bebas dari salju, suhu udara relatif menjadi sejuk, hanya dipuncaknya saja ada salju abadi dan suhu sangat dingin. Pada musim pendakian ini pos-pos peristirahatan pendakian mulai di buka.
Selain orang Jepang sendiri, banyak turis dari luar negeri ikut mendaki.

0 comments:

Post a Comment