13 May 2014

Kawah Ijen: Keindahan Api Berwarna Biru

Kawah Ijen adalah salah satu dari beberapa gunung berapi yang terletak sekitar 20 km di dalam Kaldera Ijen di Jawa Timur, Indonesia. Kaldera dari Kawah Ijen mempunyai lebar sebesar satu kilometer, berwarna biru kehijauan, dan kawah bersifat asam yang mengeluarkan gas belerang secara terus-menerus. Pada malam hari gas panas tersebut terbakar dan memancarkan cahaya biru yang hanya terdapat di Kawah Ijen. Gas tersebut keluar dari celah-celah di gunung berapi pada tekanan tinggi dan suhu hingga 600°C, dan jika gas tersebut bersentuhan dengan udara, gas tersebut terbakar, menghasilkan api hingga ketinggian 16 kaki. Beberapa gas tersebut mengembun menjadi belerang cair, dan terus terbakar selama itu mengalir menuruni lereng yang memberikan perasaan bahwa lava atau api biru lah yang mengalir.

kawah-ijen-13

Gas belerang dari Kawah Ijen juga ditambang belerangnya. Gas vulkanik diperangkap oleh penambang lokal dan disalurkan melalui jaringan pipa keramik, sehingga menghasilkan pengembunannya lelehan belerang. Belerang tersebut, yang berwarna merah tua ketika meleleh, mengalir perlahan dari ujung pipa ini dan membuat genangan di tanah, berubah menjadi kuning cerah saat dingin. Para penambang tersebut lalu memecahkan belerang yang sudah didinginkan menjadi potongan besar dan membawanya menggunakan keranjang ke tempat penyulingan terdekat. Pekerja dapat mendapatkan hingga Rp150.000 per hari dengan cara ini.

Para pekerja bekerja dalam kondisi yang sangat berbahaya dengan perlindungan yang tidak memadai. Kebanyakan dari mereka menderita berbagai masalah pernapasan karena menghirup asap beracun setiap hari. Terkadang mereka bekerja pada malam hari untuk menghindari panas matahari, dan untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Foto berikut diambil oleh fotografer Olivier Grunewald, yang kehilangan dua lensa dan sebuah kamera karena korosi dari belerang ketika mencoba untuk mengambil foto-foto tersebut.

kawah-ijen-6

kawah-ijen-7

kawah-ijen-8

kawah-ijen-9

kawah-ijen-10

kawah-ijen-5

kawah-ijen-11

kawah-ijen-12

kawah-ijen-1

kawah-ijen-3

kawah-ijen-4

0 comments:

Post a Comment